Ada template baru Blogger. Hore! Responsive pula!

Walau telat, tidak bisa tidak, saya terpaksa comot satu template baru, menghabiskan waktu memoles perabotan blog dan geser meja kursi di sana-sini. Seperti biasa, kegiatan mbatik ini harus dibatasi: maksimal satu jam saja. Kalau nggak, bisa bablas seharian ngoprek. Toh, hasilnya biasa-biasa saja, hanya beda dikit dari tampilan default. Yang penting terasa nyaman.

Template yang dipilih adalah Notable yang cocok buat menampilan blog post miskin atau tanpa gambar. Mengutip tulisan sendiri di blog lain, [one]would rather have the 'thousand words' from the famous quote 'a picture paints a thousand words'. Tujuannya memang untuk memicu agar saya mau menulis lagi di blog ini. Jadi, Noel, tulis seribu kata itu!

Ada beberapa kekurangan template keluarga Notable yang diamati selama mbatik. Tampilan beberapa widget bawaan Blogger di sidebar, seperti "popular post", nggak menyesuaikan ukuran dengan dimensi wadahnya. Tidak ada navigasi paging. Lalu ada masalah kotak hitam yang muncul sesekali pada tampilan daftar post tanpa gambar di browser tablet. Dan, yang sangat mengganggu saat mengecek responsiveness, kok ukuran-ukurannya pakai satuan fixed size sih?!

Untuk saat ini, kebutuhan mendasar "my random babbles" terpenuhi: responsive; nyaman di mata; tenteram di hati. Nantilah, kekurangan template bisa ditambal sendiri, kalau ada waktu. Walau sebenarnya berharap ada update dari Blogger (meski tampaknya nggak bakal di-update sampai sepuluh tahun lagi).